^ Ke Atas
 
 
POJOK KONSULTASI

 

Agenda
Jajak Pendapat

Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?

Bagus
Cukup
Kurang

Tampilkan Hasil Suara

Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?

Bagus (59.5 %)

Cukup (19.6 %)

Kurang (20.8 %)

(499 Suara)

Anda berada di: Depan > Post
Jamkesda Menjadi Program Unggulan
Diposting pada: 2012-03-14 15:46:54 | Hits : 972 | Kategori: Internal
 

 

Peserta Jamkesda Balangan

Kesehatan adalah salah satu hak asasi manusia dan merupakan investasi dalam pembangunan. Kesehatan sebagai hak asasi manusia sebagaimana telah dicantumkan dalam UUD 1945, juga telah disebutkan dengan jelas dalam UU No. 23 Tahun 1992 sebagaimana diperbarui dengan UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal  dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Kesehatan sebagai investasi dalam pembangunan mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Balangan. Diupayakan peningkatan derajat kesehatan masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas sumberdaya manusia di Kabupaten Balangan. Upaya tersebut antara lain dilakukan melalui pengembangan Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Kabupaten Balangan.


Program Jamkesda Kabupaten Balangan dimulai sejak tahun 2009 dan terus berkembang sampai sekarang. Dimulainya Jamkesda di Kabupaten Balangan dikuatkan melalui Surat Keputusan Bupati Balangan No. 12 tahun 2009 tanggal 14 Mei 2009, tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Kabupaten Balangan, selanjutnya diperbarui melalui Peraturan Bupati Nomor 37 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Kabupaten Balangan.


Jamkesda Kabupaten Balangan menjamin seluruh masyarakat di Kabupaten Balangan yang belum mempunyai jaminan pemeliharaan kesehatan. Masyarakat Kabupaten Balangan yang belum mempunyai jaminan pemeliharaan kesehatan atau belum terdaftar dalam kepesertaan Askes PNS, Jamkesmas (jaminan kesehatan masyarakat miskin), Jampersal (Jaminan Persalinan), Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja), dan Asuransi kesehatan lainnya. Di Propinsi Kalimantan Selatan baru Kabupaten Balangan yang memberikan jaminan pemeliharaan kesehatan kepada seluruh masyarakatnya, sehingga Kabupaten Balangan dinyatakan telah mencapai “Universal Coverage” atau Kepesertaan Semesta. Secara nasional Universal Coverage (80 % penduduk mendapatkan jaminan pemeliharaan kesehatan) ditargetkan akan dicapai pada tahun 2014. Hal ini merupakan prestasi keberhasilan bagi Pemerintah Kabupaten Balangan, dimana Universal Coverage telah dicapai pada tahun 2011. Jumlah masyarakat yang dijamin melalui Jamkesda Kabupaten Balangan tahun 2011 berjumlah 77.888 jiwa.


Tujuan Program Jamkesda Kabupaten Balangan adalah memberikan jaminan pemeliharaan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Balangan untuk hidup sehat sebagai investasi dalam pembangunan di segala bidang. Khususnya masyarakat yang belum terdaftar dalam kepesertaan Askes PNS, Jamkesmas, Jamsostek, dan Asuransi kesehatan lainnya, serta menunjang program Jamkesmas dalam rangka menuju Universal Coverage di Propinsi Kalimantan Selatan dan nasional.


Beberapa pelayanan yang dijamin melalui Jamkesda Kabupaten Balangan antara lain, yaitu :

Pelayanan kesehatan di Puskesmas dan jaringan

Rawat jalan tingkat pertama

Rawat inap tingkat pertama

Pelayanan Gawat Darurat

Pelayanan kesehatan rujukan di RSUD Balangan.

Pelayanan kesehatan rujukan di Rumah Sakit Kabupaten dan Propinsi, yang telah dilakukan perjanjian kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Balangan antara lain:

- RSUD Damanhuri  (Barabai)